Selasa, 28 Januari 2014

Cara Memperbaiki Trackpad BB 9300 yang Tidak Berfungsi

Bagaimana cara memperbaiki  trackpad blackberry 9300 macet atau yang tidak bisa di gerakkan bahkan tidak fungsi jika ditekan alias macet total. Saya mengalami hal seperti itu sudah beberapa kali dan mencoba beberapa cara dengan restart BB, kmudian cabut batre beberapa detik bahkan semalaman dan lagi saya matikan lalu cabut MMC malah bisa dan normal kembali namun tidak bertahan lama macet lagi, tidak bisa di slide tapi bisa di tekan bahkan udah tidak bisa di apa-apain. sampe saya pake cara ganti simcard lalu uninstall dan hapus beberapa program. Bisa normal tapi tidak bertahan lama gitu lagi.


Setelah saya baca-baca di internet ternyata ada yang bilang klo itu masalah OS nya ada yang bilang trackpadnya yang rusak harus diganti dan macam-macam lah mpe bingung sendiri. Sampe sekarang saya menggunakan trik yang agak nyeleneh yang saya dapat dari teman service resmi blackberry yang mana dia dapat trik itu dari pengalaman service BB, yaitu dengan melepas batere kemudian menekan trackpad dengan ibu jari dan bagian belakang batre dengan telunjuk (pelan aja) secara bersamaan. Posisi jempol dan telunjuk itu lurus atau telunjuk lurus dengan trackpad. lakukan pijatan ringan dengan menggunakan ibu jari lebih kurang 1 menit.
Tapi jika udah beberapakali dicoba tenyata masih gak jalan juga brarti kabel trackpad nya ada yang putus. Di sarankan untuk menggaransi BB biar dapat trackpad yang original, tapi siap-siap aja buat hidup tanpa BB hingga satu bulan. Atau kalu gak mau nunggu, ya service aja d counter terdekat, biaya kira-kira 110-150rb.

SEMOGA BERMANFAAT....
Share:

41 komentar:

  1. Sumpah makasih banget gan(y) jadi bisa bb ane hehe, tapi copot dulu baterenya. baru kita tekan dalemnya. :) nice post(y)

    BalasHapus
  2. Thankz gan tpi thu cara ny bb ny dlm kondisi terbuka ato ap??

    BalasHapus
  3. Makasih ya infonya berguna banget...
    sempet pesimis.. akhirnya bisa juga.. :)

    BalasHapus
  4. Makasih Gan infonya... berguna... heuheu

    BalasHapus
  5. makasih tips nya work nih he

    BalasHapus
  6. Berhasil...
    Alhamdulillah
    Mksh ya mas

    BalasHapus
  7. maksud teken bagian belakang barte itu yg mana gan ?

    BalasHapus
  8. @share ilmu:
    Maksudnya ya di belakang baterai, jadi di buka baterainya dulu. biasanya pas sejajar dengan posisi kartu

    BalasHapus
  9. @omar syarif, @Tria Ningrum, @ibad sang pengembara, @FaHmiL, @ Ari Gumilar, @Widya Dharma Ningsih : Sama-sama gan, senang artikel ini bermanfaat dan bisa membantu.

    BalasHapus
  10. subhanallah banget, koq bisa ya, bb gemini 9300 ane beneran bisa lagi gan trackpadnya, setelah ane tekan trackpadnya dan belakangnya bersamaan, simcardnya ane cabut pas nekan dibelakangnya itu, mksih yaaa

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah berkat saran bang Risnaldi Yz, BB gemini 9300 saya bisa aktif lagi, terima kasih saran nya bang Risnaldi Yz, saya tunggu posting bang Risnaldi Yz selanjutnya, terima kasih sekali lagi

    BalasHapus
  12. makasih mas broo infonya mujarab top markotop

    BalasHapus
  13. Thnks guys trik nya, saya sempat frustasi.dan ternyata berhasil. salam 3 jari

    BalasHapus
  14. Subhanallah.. Bermanfaat banget infonya.. Alhamdulillah bisa lagi BB aku bisa lagi.. Uda lebih dr sbulan mati gaya dan sempet hopeless.. Makasii banyak ya mas infonya ^^

    BalasHapus
  15. Subhanallah.. Bermanfaat banget infonya.. Alhamdulillah bisa lagi BB aku bisa lagi.. Uda lebih dr sbulan mati gaya dan sempet hopeless.. Makasii banyak ya mas infonya

    BalasHapus
  16. Berhasil :) makasih mas bro atas informasinya sangat bermanfaat bagi saya dan yang yang lain (y) :)

    BalasHapus
  17. langsung bisa mas,bb ku , maturnuwun sanget

    BalasHapus
  18. wah manjur boss,
    trims banyak

    BalasHapus
  19. alhamdulillah makasi bwanyak mas, uda degdegan e tak kira hp ku rusak, Ya Allah makasi banyak mas, barakallah

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah... saya baca..saya langsung coba dan berhasil! Thanks infonya, semoga Allah melipatgandakan pahalanya. Amin....

    BalasHapus
  21. nice share, sangat work, terima kasih banyak gan :)

    BalasHapus
  22. Makasih gan sangat membantu banget

    BalasHapus
  23. Hebbattt, akhirnya ga jadi beli trackpad dehh, makasih Pak Risnaldy.

    BalasHapus
  24. Trima kasih bro atas ilmunya,, akhirnya trackpadnya lancar kmbali,,,,kpan2 gue traktir bro,,,

    BalasHapus
  25. njir, akhirnya berhasil jg hahahaha
    padalan uda niat mw ganti yg baru. selamat deh uang khas ane
    thanks y

    BalasHapus
  26. Thnk you bro, cara lo 100 % berhasil... Semoga lo dpat krna udah ngebantu gue. Klw ngk ada blog loe ini, udah kbanting BB gua.... Thkns so much..

    BalasHapus
  27. Saran gw, ptbaiki deh blog omi, suka k ilang pas browsing di hp.

    BalasHapus
  28. Makasih om... Ilmunya bermanfaat,

    Berhasiil yeeee

    BalasHapus
  29. kok gua masih gk mau apaan, udah gua pencet sampe peke jempol kaki tapi tetep gk mau , pas saya banting baru mau ANEH BETUL ?

    BalasHapus
  30. Makasih banyak om...... akhirnya ngikuti komentar sebelumnya,,, berhasil....!

    BalasHapus
  31. berhasil mas boyyy,,, hatur thankyou

    BalasHapus