Minggu, 26 Januari 2014

SEKILAS TENTANG MAN SEBUKAR



Madrasah Aliyah Negeri Sebukar merupakan satu-satunya madrasah yang dinobatkan sebagai madrasah tertua di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh yang berlokasi di Jln. Perintis Depati Parbo Simpang IV Sebukar. Tak hanya itu madrasah yang telah mendapatkan akreditasi A ini, didalam beberapa tahun terakhir telah memiliki bnyak prestasi yang angat luar biasa baik terutama prestasi yang diperoleh siswa. Hal ini dikarenakan selain mendapatkan pelajaran formal para siswa juga ditempa dengan kegiatan extra kurikuler seperti Pramuka, PMR, Paskibra dan PIK Remaja serta juga mendapatkan bimbingan melalui pengembangan diri. Para siswa diwajibkan mengikuti 1 bidang pengembangan diri yang diselenggarakan oleh madrasah pada setiap harinya. Adapun bidang-bidang kegiatan tersebut adalah:
1.      Bidang Seni Drama Tari dan Musik
Bidang ini adalah bidang yang paling diminati oleh siswa. Hal ini dibuktikan dengan tingginya minat siswa mendaftarkan diri. Selain dapat berkreasi dengan seni, mereka juga dapat menyalurkan hobby mereka baik itu dibidang seni Drama, seni tari ataupun bidang musik dan tarik suara. Semua bidang tersebut mereka kolaborasikan menjadi satu sehingga setiap akhir semester, acara perpisahan ataupun acara hiburan, kolaborasi tersebut dapat dipentaskan.
2.      Bidang Tilawah Al-qur'an dan Tajwid
Bidang tilawah Al-qur'an dan tajwid merupakan satu-satunya bidang yang wajib diikuti oleh seluruh siswa, bidang ini merupakan materikulasi wajib dan dijadikan sebagai syarat fapat mengikuti ujian semester bagi siswa yang lulus dan mendapatkan sertifikat. Disini para siswa diajarkan tentang seni baca Al-qur'an dengan berbagai macam irama, kemudian menepatkan tempat keluar bunyi huruf/makhraj serta tajwidnya demi kesempurnaan dalam melantunkan ayat suci Al-qur'an sehingga terbentuknya kualitas lulusan madrasah yang dapat berguna ditengah-tengah masyarakat.
3.      Bidang Adat dan Budaya Daerah
Selain mengikuti kegiatan yang bersifat umum, MAN Sebukar juga memberikan wawasan tentang kedaerahan khususnya budaya daerah Kerinci. Penampilan tersebut diantaranya Tale Haji. Tale Haji merupakan sebuah pesan yang disampaikan kepada para calon haji yang akan dilepas oleh masyarakat tempat domisili. Pesan tersebut disampaikan dengan irama khas dan menggunakan bahasa asli Kerinci yang berisi tentang nasehat-nasehat serta rangkaian ucapan kata pelepasan terhadap jamaah haji yang akan berangkat, tak jarang juga tale tersebut dibawakan dengan bahasa desa masing-masing agar lebih mudah dimengerti.
Tale haji tidak hanya di lakuakan waktu pelaksanaan haji, tetapi juga sering dilaksanakan dan dilombakan, seperti acara festival peduli danau Kerinci. Tidak lain halnya dengan siswa MAN Sebukar mereka juga belajar tale haji tersebut di waktu acara pengembangan diri yang dilakukan setiap hari Rabu jam 14.30 sampai 17.00 WIB dan tak jarang juga sering dipanggil tampil didesa-desa untuk membawakan tale haji pada musim haji di setiap tahunnya.
4.      Pencak Silat
Pelatihan ini tidak hanya mengajarkan siswa untuk membela diri saja tapi dengan metode khusus dari tenaga pengajar profesional pencak silat juga dapat membentuk watak serta karakter siswa agar tidak terlalu arogan yang beresiko terjadinya perkelahian atau tawuran antar pelajar seperti yang marak terjadi pada saat ini. Selain itu dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan nantinya kedisiplinan yang diajarkan akan dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, pada setiap tahunnya tak jarang madrasah mengirimkan atelit-atelit pencak silat sebagai perwakilan sekolah ataupun daerah untuk berkompetisi di jenjang yang lebih tinggi dan mendapatkan hasil yang memuaskan.
5.      Olahraga
Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga merupakan salah satu kegiatan penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, materi-materi yang diajarkan juga cukup profesional bertujuan untuk meransang dan menumbuhkan bibit muda yang diharapkan dapat berguna nantinya, baik sebagai atelit, tenaga pengajar ataupun hal-hal lain yang berkenaan dengan olahraga.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar