Minggu, 12 Oktober 2014

Pemuda dan pemudi Sebukar Garap film PURANGE II

Cuplikan Film Purange Eps. 2
SEBUKAR - Sebuah desa yang terletak di Kecamatan Sitinjau Laut Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. desa ini berjarak lebih kurang 9 KM dari Kota Sungai Penuh dengan jarak tempuh lebih kurang 15 menit. Sebab sebukar dinamakan sebagai sebuah desa karena dahulu kala di desa ini banyak terdapat semak belukar, oleh karena masyarakatnya sulit untuk mengucapkannya maka semak belukar disingkat menjadi Sebukar.

Menurut sejarah, sebukar atau biasa di sebut sibukie oleh masyarakat setempat pertama kali didiami oleh yang bernama Mangku Bumi. Hingga saat ini masih menjadi kontroversi tentang lokasi makam dan sejarah kehidupan nenek moyang desa Sebukar tersebut.



Desa ini berkembang sangat pesat, baik itu di bidang ekonomi, sosial, budaya dan lain sebagainya. Bidang pendidikan juga tidak bisa dipandang sebelah mata, hal ini dibuktikan dengan dinobatkan desa Sebukar sebagai pusat pengajian ilmu agama Islam di Kabupaten Kerinci, yang memang terbukti mencetak ulama-ulama besar yang bisa bersaing dan dapat diandalkan, jadi tak heran negeri ini diberi gelar " Negeri berjuta Ilmu" dari desa kecil ini lahir tokoh-tokoh besar dalam bidang Ilmu Fiqh/ agama Islam.

Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat desa Sebukar masih belum merasa puas dengan prestasi yang telah diraih para pendahulu mereka. tak mau kalah para pemuda-pemudi ikut unjuk gigi mencetak sejarah baru melalui organisasi dibawah naungan Karang Taruna Karya Muda Desa Sebukar" salah satunya adalah Himpunan Pemuda, Pelajar, Mahasiswa dan Alumni Sebukar (HIPPMAS)

Hingga saat ini HIPPMAS telah memiliki kontribusi besar untuk desanya dengan segudang prestasi di Kabupaten Kerinci, hal ini dibuktikan dengan dinobatkannya sebukar menjadi lokasi wisata lampu oleh masyarakat kerinci karena selama bulan ramadhan hingga lebaran, desa Sebukar selalu dihiasi oleh ribuan lampu warna-warni yang ditata indah dan dipasang secara sukarela oleh masyarakat di sepanjang jalan dan lorong-lorong. Selain itu kreatifitas para pemuda juga mereka salurkan dengan berbagai kegiatan lain seperti seminar, MTQ, dan tak kalah menarik kegiatan pembuatan film dengan genre religi berjudul "PURANGE" dengan berbahasa daerah yang telah masuk ke episode 2 juga ikut memeriahkan hari besar islam tersebut.

"Purange II" atau "perangai episode 2" ini dianggap pantas menjadi judul film mereka karena mengisahkan beberapa kelompok anak remaja yang pemalas, nakal, suka ugal-ugalan serta menggangu orang lain. Dalam kelompok ini seorang tokoh utama Khairunal (inal) menjadi ketua komplotan remaja tersebut. Sempat insyaf karena mendapat kecalakaan setelah ugal-ugalan di jalan raya kini kembali berulah dan meresahkan warga. Kemudian elvi (adik inal) memerankan perananan hampir sama dengan kakaknya namun dengan kenakalan yang berbeda selayaknya perempuan pada umumnya. Selain itu Muffi (adik inal dan elvi) memiliki tingkah laku yang sangat bertolak belakang dengan kedua kakaknya tersebut, dia terkenal dengan sosok baik didalam masyarakat.

Untuk cerita lebih lanjut dapat disaksikan via YouTube di bawah ini lengkap dengan subtittle, karena bahasa yang digunakan film ini adalah bahasa asli Desa Sebukar. Film ini tak terlalu amartiran, karena semua pihak yang terlibat masih belajar, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat diharapkan demi kemajuan dimasa yang akan datang.

- SELAMAT MENYAKSIKAN -






Silakan download dengan click unduh di bawah ini:

Untuk mempermudah, direkomendasikan untuk mengunduh dengan video format MP4 360p. dan jangan lupa tinggalkan komentar.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar